Apa itu Ayam Karkas ?

Ayam Karkas adalah adalah bagian dari tubuh unggas tanpa darah, bulu, leher, kepala, kaki dan organ dalam dan Karkas ayam merupakan bentuk keseluruhan ayam potong tanpa bulu, kepala, kaki dan jeroan.

Ciri-ciri ayam karkas yang sehat dan baik adalah:

  1. Kulit berwarna putih bersih dan mengkilat dan tidak dijumpai memar.
  2. Bau spesifik daging ayam
  3. Pembuluh darah diseluruh tubuh tidak terlihat.
  4. Serabut otot berwarna agak pucat bekas tempat pemotongan dileher regangannya besar dan tidak merata.
  5. Konformasi sempurna dan tidak dijumpai cacat.
  6. Dijual pada tempat-tempat yang memakai pendingin dan penutup.
  7. Bersih dari kotoran
  8. Tidak dijumpai bulu jarum pada karkas atau daging ayam.

Tempat pemotongan dan penjualan ayam pun harus diteliti agar karkas ayam benar-benar bersih dan sehat. Tempat pemotongan dan penjualan karkas ayam haruslah tempat yang bersih dengan air mengalir berkualitas baik untuk pencucian karkas ayam. Tempat pemotongan dan penjualan karkas ayam biasanya juga dilakukan di peternakan ayam pedaging. Proses pemotongan dan pembentukan karkas di peternakan pun harus melalui proses pengendalian mutu yang ketat. Ini demi untuk menjaga kualitas ayam potong yang sehat dan layak untuk dikonsumsi.


Untuk mendapatkan karkas ayam dengan daging dan kandungan gizi terbaik, ayam pedaging atau ayam broiler yang diternakan juga harus dirawat dengan pengelolaan yang baik. Ayam pedaging akan dirawat dengan baik sejak lahir hingga ayam siap untuk dipotong dan dijadikan karkas ayam. Untuk mendapatkan ayam karkas yang baik, ayam pedaging harus mempunyai daging yang tebal pada bagian yang menjadi karkas. Oleh karena itu, penting untuk memberikan perawatan seperti pakan yang berkualitas agar ayam memiliki daging yang tebal dan juga dengan gizi yang baik. Daging yang tebal dengan kualitas yang baik akan memengaruhi harga jual karkas ayam di pasaran.



Sebagai jaminan konsumen, perusahaan kami (MUTU UTAMA) telah memperoleh sertifikasi “Halal” dari ‎Majelis Ulama Indonesia (MUI), dengan demikian para konsumen tidak perlu khawatir ‎karena produk kami diolah dan diproses secara halal dan sesuai dengan syari’at Islam.‎


-----------------------------------------------

CONTACT US

UD. MUTU UTAMA MITRA NIAGA
(SUPPLIER AYAM POTONG)
https://udmutuutama.wixsite.com/home/

Jl. Kayu Mas Timur 1 No.177
Kav. POLRI BLOK L
RT. 11/RW. 3, Pulo Gadung
Jakarta Timur 13260
T: 021-2983-4841
021-2983-4824
F: 021-470-5636

Email: udmutuutama@gmail.com

-----------------------------------------------


Popular posts from this blog

SUPPLIER AYAM POTONG JAKARTA

PENTINGNYA AYAM POTONG HALAL